Cara Tes Blog Mobile-friendly atau tidak

Mobile-friendly merupakan suatu istilah untuk menggambarkan apakah suatu blog atau website ramah terhadap perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Artinya, blog atau website ditampilkan secara utuh pada perangkat mobile atau mobile device tanpa harus melakukan scroll horizontal. Lihat gambar di bawah.

Tampilan Mobile Friendly


Pada tanggal 20 April 2015 terjadi yang namanya peristiwa Mobile-geddon. Mobile-geddon merupakan peristiwa dimana google mengupdate algoritmanya secara besar-besaran yang bisa berdampak buruk pada website atau blog yang tidak mobile friendly. Apa dampaknya? Dampaknya adalah posisi blog kita di SERP(Search Engine Result Page) akan menurun. Daya saing blog kita di search engine akan sangat menurun. Yang otomatis akan berdampak langsung pada visitor dan pendapatan(Google Adsense, Amazon, dll) blog kita.

 Tentu dengan adanya peristiwa ini, kita harus tau bagaimana cara Tes blog mobile-friendly atau tidak. Agar kita tahu blog kita ini layak di mata google atau tidak.

Nah, berikut ini merupakan cara mengetahui/mengetes blog kita mobile friendly atau tidak.
1. Buka https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
2. Di field "Masukkan URL laman web", masukkan URL blog anda.
3. Klik Analisis dan tunggu beberapa saat
4. Nah akan muncul pesan analisisnya. Jika pesannya berwarna merah, berarti blog anda tidak mobile friendly. Sedangkan jika pesannya berwarna hijau, berarti blog anda mobile friendly.

Analisis Google Friendly

5. Di halaman ini juga akan muncul bagaimana tampilan blog anda di mobile device. Contohnya bisa anda lihat di awal postingan ini.

Itu tadi Tulisan dari Teknologi Online, kunjungi juga postingan lain dari kami tentang "Cara Mengecek Tingkat SEO Blog"

0 Response to "Cara Tes Blog Mobile-friendly atau tidak"

Posting Komentar