IDE (Compiler, Debugger, dan Editor) C dan C++ di Android

Sebelum masuk ke apk atau aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan program di android, mari kita refresh kembali apa itu C dan C++. C adalah bahasa pemrograman yang terstruktur (strutctural programming language) yang biasanya digunakan dalam pembelajaran dasar pemrograman karena tingkat kemudahannya dan fungsi-fungsi yang spesifik di dalamnya. Bahasa C juga sering digunakan dalam driver, yaitu penghubung antara hardware dan software. Berbeda dengan C, C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek atau lebih dikenal sebagai OOP (Object oriented programming).

Lantas apa itu IDE? IDE merupakan singkatan dari Integrated Development Environment (Lingkungan Pengembangan yang terIntegrasi). Maksudnya, alat-alat yang dibutuhkan dalam pengembangan perangkat lunak sudah tercakup di dalamnya. Seperti Code editor yang berfungsi untuk mengedit source kode, Compiler yang berfungsi untuk menerjemahkan bahasa pemrograman ke bahasa mesin agar dapat dieksekusi(executable), dan debugger yang berfungsi untuk memperlihatkan dimana letak kesalahan pengetikan kode kita saat melakukan compiling (meng-compile). Jadi intinya, IDE ini membantu kita sebagai pengembang perangkat lunak agar dapat dengan mudah mengerjakan proyek dengan efisien dan efektif.

Sebagai pengembang, kita notaben-nya akan sering berada di hadapan komputer atau laptop. Tetapi akan ada beberapa saat kita tidak punya kesempatan untuk membuka laptop padahal kita punya suatu kode yang ingin dikerjakan, dicatat, atau dicoba. Biasanya ini terjadi di tempat umum, dimana kita merasa risih untuk membuka laptop. Maka dari itu kita membutuhkan perangkat yang lebih kecil untuk melakukan aktivitas seperti ini. Yaitu smartphone, dalam hal ini saya menggunakan android.

Android kini hampir menjadi barang primer bagi penikmat teknologi, kecanggihan teknologi android membuat kita tergiur. Yah tentu saja, ada sangat banyak hal yang bisa kita gunakan dengan perangkat sekecil ini.

Kembali ke judul yaitu IDE (Compiler, Debugger, dan Editor) C dan C++ di Android, disini saya akan sharing 2 aplikasi yang bisa kita gunakan sebagai ide di device android. Tentunya kedua aplikasi ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Kedua aplikasi ini tersedia di play store. Tapi sebelum itu mari kita bahas fitur-fitur dan kekurangan maupun kelebihan dari kedua aplikasi ini.

1. C4droid - C/C++ compiler & IDE

Yang pertama ada aplikasi dengan nama C4droid. Aplikasi ini dibuat oleh pengguna play store dengan username n0n3m4. Memang agak aneh :D tapi aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Harga yang harus dibayarkan untuk mendownload aplikasi ini adalah kurang lebih Rp. 36.000,00. Harganya berubah-ubah, tergantung kurs dollar terhadap rupiah. Kelebihan dan kekurangannya akan kita bahas setelah perkenalan aplikasi kedua.

2. CppDroid - C/C++ IDE

Yang kedua ada CppDroid. Aplikasi ini dibuat oleh pengguna play store dengan username Anton Smirnov. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, tetapi untuk membuat aplikasi ini menjadi powerful atau melengkapkan fiturnya, kita diharuskan untuk membayar plugin-plugin tambahan.

Nah, sekarang kita bandingkan kedua aplikasi ini.
Perbedaan yang paling mencolok dari kedua aplikasi ini ada pada harga yang harus kita bayarkan. C4droid meminta kita untuk membayar di awal, tetapi semua plugin di dalamnya kita bisa unduh dengan gratis. Sedangkan cppdroid, aplikasinya bisa didownload gratis, tapi untuk mengubahnya menjadi aplikasi yang tidak sekedar IDE biasa, kita memerlukan biaya tambahan untuk mendowload plugin-pluginnya. Nah, bagusan mana?

Untuk pemula atau pengembang yang baru ingin mengasah kemampuannya, saya sarankan untuk menggunakan cppdroid karena aplikasi ini gratis untuk diunduh. Adapun plugin-plugin tambahannya tidak terlalu kita butuhkan jika kita cuma gunakan untuk kegiatan sederhana saja, seperti belajar dan mengetes algoritma.

Sedangkan yang ingin menggunakan IDE pada android dengan jangka waktu yang panjang, saya sarankan menggunan c4droid karena aplikasi ini cuma meminta satu kali pembayaran saja. Jadi ketika ada plugin-plugin baru, kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Saran dari saya, untuk mempermudah anda dalam mengetikkan kode, belilah keyboard bluetooth mini :D

Sekian penjelasan saya tentang IDE (Compiler, Debugger, dan Editor) C dan C++ di Android, semoga dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan sebaik mungkin.

1 Response to "IDE (Compiler, Debugger, dan Editor) C dan C++ di Android"